Skip to main content

FES Moslempreneur 2011

Deadline: 10 April 2011

KETENTUAN:
  • Satu tim harus terdiri dari 3 orang yang berstatus mahasiswa D1, D2, D3,D4 atau S1.
  • Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download pada website FES dan diserahkan hanya berupa soft copy via e-mail bersama business proposal yang akan diajukan pada tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 yang dikirimkan kepada:
  • Panitia FES Moslempreneur 2011, unila.roisfe@gmail.com, (Perlu diperhatikan peserta bahwa softcopy file berupa PDF dan Word 2003).
  • Membayar biaya pendaftaran tim sebesar Rp 50.000,00 dan menyertakan bukti transfer antar rekening bank berupa ( JPG ) / Scan Gambar dalam pengiriman proposal ide bisnis-nya paling lambat tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011
Ke rekening :
Bank Muamalat a.n Ade Kurnia Safitri
No. Rek. 351 03204 22
Bank BNI Syariah Tanjung Karang
a.n Rahmad A. Pratomo
No. Rek. 0172900662
  • Setiap Peserta wajib menyerahkan :
    • Foto 3×4 ( 1 lembar) ( JPG )
    • KTM ( JPG )
  • Proposal ide bisnis yang diperlombakan dapat berlaku untuk perencanaan bisnis yang belum beroperasi.
  • Proposal ide bisnis yang diperlombakan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut.
  • Proposal ide bisnis yang diperlombakan TIDAK mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema piramid.
  • Proposal ide bisnis yang diperlombakan harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata.
  • Rencana bisnis belum pernah dilombakan
  • Rencana bisnis tersebut adalah karya orisinil dari peserta, bukan merupakan plagiatisme dari rencana bisnis yang sudah ada. Dewan juri berhak membatalkan kemenangan peserta jika terbukti ada indikasi plagiatisme
PENGUMPULAN BUSINESS IDEA PROPOSAL
Setiap tim wajib mengirimkan sebuah proposal bisnis grup-nya dengan format sebagai berikut:
Judul rencana bisnis
Berisi tentang judul yang dapat mencakup tema dan tujuan dari bisnis yang diajukan, dapat memberikan kesan menarik, unik, dan khas.
Executive Summary
Merupakan penjelasan singkat mengenai isi proposal yang diberikan, maksimum satu halaman yang dapat mencakup semua isi proposal bisnis yang diajukan.
Rencana Bisnis
Penjelasan Singkat Tentang Bisnis
Merupakan penjelasan singkat tentang jenis bisnis yang diajukan, visi, misi, tujuan, dan maanfaat dari bisnis tersebut untuk pelaku bisnis , investor, dan masyarakat.
Latar Belakang Singkat Bisnis
Merupakan alasan tentang mengapa membuat bisnis tersebut, dapat dijelaskan dengan analisis kondisi sekitar yang berkaitan dengan bisnis tersebut.
Visi dan Misi Perusahaan
Merupakan penjelaskan tentang visi dan misi perusahaan yang bersangkutan dalam masa ke depan, yang ditujukan pula untuk meyakinkan investor dalam menanamkan modalnya.
Analisis SWOT Bisnis
Merupakan penjelasan mengenai SWOT akan bisnis yang dilaksanakan.
SWOT dapat dijelaskan dari berbagai sisi, misal marketing, finance, atau operation, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis yang diajukan.
Struktur Organisasi
Merupakan daftar pengurus perusahaan inti, dapat dijelaskan dengan menggunakan organization tree dan juga penjelasan tentang job description dari masing-masing jabatan.
Analisis Pasar
Merupakan analisa market, penggambaran singkat tentang 4Ps, STP, SWOT, dan analisa kompetitor.
Analisis Produksi
Merupakan analisa flow produksi dari bahan mentah sampai bahan jadi. Atau dapat berupa proses bisnis, dapat pula digambarkan dengan menggunakan flow process chart atau chart lain yang dibutuhkan, disertakan dengan penjelasannya.
Analisa Resiko Bisnis
Merupakan analisa tentang resiko yang ditimbulkan dari bisnis tersebut disertakan pula dengan penjelasan, dampak positif, dan negatif dari resiko dari bisnis yang diajukan.
Strategi Bisnis
Merupakan penjelasan mengenai strategi yang dapat dipakai dalam penjualan atau pemasaran produk bisnis yang diajukan.
Proyeksi Keuangan dan Sumber Pendanaan
Merupakan proyeksi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut, dan sumber pendanaan yang bisa diajukan. Juga ditambahkan berapa return yang diperoleh dalam membiayai bisnis tersebut.
Rencana Aktivitas dan Penjadwalan
Merupakan rencana aktivitas dari awal rencana bisnis itu dijalankan sampai beroperasi (workflow) dan juga disertakan timeline-nya.
Informasi FES 2011
Official Website : www.festivalekonomisyariah-2011.tk
www.fes-roisfe.tk
Email : unila.roisfe@gmail.com
Contact Person : Mei Rizky Aristama 085669698383, Abdillah 083170494412

Comments

Popular posts from this blog

Batik...From Indonesia

  S etelah sekian banyak budaya negara kita yang "dicuri " negara lain, akhirnya, dunia Internasional telah mengakui bahwa batik adalah warisan budaya asli Indonesia. Secara resmi, Jum'at 2 oktober 2009, Unesco mengukuhkan budaya batik ini sebagai budaya Indonesia. Pengukuhan batik ini, akan di laksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada pukul 20.00, dan bapak Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono akan mendeklarasikan peresmian ini pada pukul 21.00, Dengan di resmikannya batik sebagai budaya Indonesia, hal ini bisa memacu perkembangan kebudayaan di Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya batik ini ke mata dunia. Kita patut bangga dengan kekayaan negara kita. Negara kita sebenarnya penuh dengan keanekaragaman budaya yang unik. Namun karena kurangnya kita melestarikan budaya tersebut, dengan terpaksa budaya kita banyak yang di ambil dan diakui sebagai budaya negara lain. Sedih dong...masa sih ide kreatif yang diciptakan bangsa kita begitu aja diambil!! Dengan susa
Bismillah... Hati ibarat sebuah corong,ia bisa bersuara,,  kadang suaranya terenyuh perlahan,  kadang suaranya tegas dan kadang merasa sedih.. Ya,, itulah hati..  Semakin kau dekatkan pendengaranmu kepadanya akan kau dapati  semakin dalam kau mampu memahaminya.. Namun, kau tak akan dapat merasakannya hanya dengan telinga,  namun dengarkanlah ia dengan relungmu,,, Bukalah mata hatimu tuk melihat apa-apa yang diajarkannya.. Bukalah perasaanmu tuk merasakannya.. Berikan secercah sinar tuk menghidupkannya.. Yaitu dengan secercah sinar Iman dari Robb semesta Alam Karena Ia yang menghidupkan dan mematikan hatimu.. Hidupkanlah ia dengan senantiasa berzikir kepada Allah Biarkanlah,,Ia yang menggenggam semuanya Yang mengatur jiwa dan hatimu...