Skip to main content

Smiling Face???


Bismillahirrahmanirrahiim...

Hari ini ingin memulai lagi untuk memanaskan pikiran untuk dituangkan ke dalam cangkir tulisan-tulisanku yang sudah lama tak ku isi kembali.
Judul tulisan ini yaitu "smiling Face" berawal suatu ketika aku tengah bersama teman-teman baru di tepat kerja sebelumnya. Seorang teman spontan berucap.. Ris, muka kamu baby face lho.. sambil melanjutkan kalimatnya, kamu tuh unik, entah gimana muka kamu itu kayanya senyum terus.. Agak kaget dengernya, nih orang maksudnya apa sih?! hampir ge-er juga, tapi tetep positive thinking, tadinya penasaran mau cepet-cepet liat cermin, mencari kebenaran apa yang diomongin salah seorang teman itu,namun berhubung disitu ga ada cermin dan lagi jam kerja juga,, jadi ga enak deh buat izin pergi mengalihkan diri. Sambil membuang pandangan seadanya dengan masih mendengar ucapan teman itu, kemudian aku balik bertanya. Kenapa bisa menyimpulkan gitu?? padahal belum lama kita kenal. Bisa jadi saya bukan orang seperti yang disimpulkan tersebut. Aku pun diam dan menyimak jawabannya. Iya.. jadi muka kamu itu keliatannya senyum terus, seperti ga ada beban.. ceria dan jarang lho orang kayak kamu. Aku pun berusaha Istighfar dalam hati,, menahan hati untuk tidak terlarut dalam pujian sementara,dan sekaligus berucap Alhamdulillah,, berarti Allah masih menutupi aib-aibku dengan penilaian baik orang terhadapku.
Nah, disini mungkin ingin sedikit berbagi sama teman-teman facebook, mengenai apa itu "smiling face". Apa yang diucapkan salah seorang teman kerjaku itu sudah kesekian kali ku dengar (bukan maksud tinggi hati) namun semenjak kuliah, seorang sahabatku pernah menyadarkanku akan sesuatu  yang aku sebut "smiling face". Sahabatku bercerita, risna meskipun diam, bibirnya itu seperti ada garis tarik yang alami, yang bisa dibilang semacam senyuman. Entah mengapa mereka beranggapan seperti itu. Namun, semenjak terakhir mendengar ucapan teman kerjaku, aku pun teringat ketika masa orientasi mahasiswa di kampus. Ingat betul, lagi sesi "urgent" dimana senior-senior saat itu membuat kondisi  maba terasa tegang dan mencekam. Semua maba saat itu hanya bisa terdiam, berbaris, dan mendengarkan apa yang terucap dari para senior. Ketika ada sesi dimana para senior menghampiri maba-maba yang terdiam berbaris, aku yang tengah diam saat itu menjadi salah seorang yang dihampiri oleh senior perempuan , ia menatap tajam "rada galak" ke wajahku. Tiba-tiba, senior itu berkata setengah mengeraskan volume suaranya padaku,"Heiii.. kamu kenapa cengengesan gitu!! senyam-senyum?!" Sedikit heran dengan ucapan senior itu, padahal kondisi saat itu aku tak sedikitpun menunjukkan wajah senyum,karena hanya diam. Setelah itu barulah aku menyadari, ada yang aneh nih sama wajah?? but it is not weakness of me. Mencoba menggali rasa penasaranku, aku pun membaca-baca sesuatu yang bisa menghilangkan rasa penasaranku. Berhubung, bukan anak kedokteran atau ahli dibidang perwajahan,sekedarnya mencari info tentang "Smiling face" di mbah google, aku pun tidak menemukan referensi yang cukup. Beberapa artikel yang ku baca hanya menjelaskan tipe senyuman dan arti bibir yang dimiliki dengan keberuntungan, seperti yang satu ini, sebuah artikel dengan pencarian random sumbernya yaitu http://www.restylane.com/id-ID/Indonesia/Dokter/Tulisan-Dokter/Bentuk-Wajah-Bisa-Membawa-Hoki/#sthash.p7huL6Vm.dpuf
Dalam artikel tersebut dijelaskan tipe bibir dengan keberuntungannya, Bibir
Semakin bulat bentuk bibir seseorang seperti berbentuk mutiara, apalagi pada wanita, maka semakin besar rejeki yang akan menyelimuti mereka saat menikah nanti dan juga dalam urusan pekerjaan. Kabarnya, apabila wanita memiliki bibir bulat maka akan membawa keberuntungan bagi suaminya.
Sedangkan Bibir berbentuk lotus dengan ciri-ciri yang mengembang dan selalu terlihat seperti tersenyum, kabarnya juga membawa keberuntungan dan kemakmuran. Orang dengan tipe bibir seperti ini bisa selalu menarik rejeki dan sukses jika membuka bisnis sendiri.

Untuk penggambaranku, tentang smiling face itu adalah, wajah dimana memiliki garis senyum yang secara alamiah tertarik.
Selain artikel diatas, aku pun menemukan sebuah artikel yang menjelaskan tentang tipe senyuman secara sederhana yaitu :
Tipe Mona Lisa
Dua pertiga dari populasi manusia memiliki tipe senyum ini. Sudut-sudut bibir ditarik ke atas dan keluar. Tarikan pada bibir atas akan menunjukkan gigi atas. Yang paling menarik, senyum ini akan memperlihatkan semua gigi atas bagian depan dan sekitar dua milimeter gusi. Gusi merah muda yang terlihat membuat senyum tampak merona.

Tipe Canine
Sepertiga dari populasi manusia memiliki senyum dengan tipe ini. Sebuah otot (disebut levator labii superioris) yang dominan yang akan membuat senyum seseorang hanya berhenti saat ujung bibir mencapai bagian gigi taring.

Tipe Full Denture
Tipe atau jenis senyum ini nih, jarang ditemui walaupun sudah banyak dipakai dalam menggambarkan karakter tokoh kartun saat tersenyum. Pada saat tersenyum, tarikan pada bibir bawah dan atas mengekspos semua gigi Anda. Sehingga bagian gusi atas dan bawah sedikit tampak.
Kalau dibaca dari ketiga tipe senyum itu, jujur saya pun kurang paham mencocokan jenis smiling face dengan tipe senyum tersebut.

Terlepas dari artikel hubungan antara bibir dengan keberuntungan, akupun tidak lantas percaya, karena keberuntungan bukan dibangun dari bentuk bibir, tapi usaha. Nah, kembali lagi dengan rasa penasaranku tentang "smiling face" ini. Aku yakin setiap penciptaan Allah swt itu memiliki hikmah lebih besar diluar pengetahuan yang kita miliki.Bagi kamu-kamu yang memiliki wajah setipe seperti saya ini, tenang saja, jangan khawatir, Allah hendak memberikan kelebihan dari "smiling face" yaitu kita tidak mudah tertebak apakah sedang bersedih hati, galau or gundah gulana. Kita lebih tampak ceria, bersemangat, seperti tidak mempunyai beban hidup.. (padahal mah pikiran bercabang, kosan belum dibayar, atau hutang sama tukang nasi uduk belum dibayar,hehe.. bercanda. :D ). Eitss.. tapi menurut pengalaman si empunya note ini, ternyata kadang-kadang kita juga jadi sulit serius. Jadi ceritanya begini, saat teman kerja saya tengah mengajarkan public speaking dalam sebuah training, dia bilang.. Ris, kalau untuk menjelaskan sesuatu yang butuh empati atau simpati orang, jangan sambil senyum dong,, serius dikit! kritiknya saat itu. Ohh,, gitu ya.. gumamku.Duh,, emang agak sulit membuat wajah serius padahal udah serius banget, jadi terkesan bercanda. Mungkin salah satu hal yang harus diperbaiki bagi kamu-kamu termasuk juga saya yang memiliki "smiling face" bisa berwajah serius untuk hal-hal serius. So. apapun tipe wajahmu,minumnya teh botol S*S*O #eh bukan!! bukan begitu, maksudnya apapun tipe wajahmu, sebaik mungkin tidak perlu operasi atau suntik sana-sini, cukup jadilah dirimu yang sederhana dan bisa menunjukkan dirimu yang baik apa adanya. Yuukk keep smile :) ( bukan promosiin salah satu tayangan di TV ya!)

Nb : Senyum itu sedekah, oleh karena itu tersenyumlah dari hati.. ^_^

Comments

Popular posts from this blog

FES Moslempreneur 2011

Deadline: 10 April 2011 KETENTUAN: Satu tim harus terdiri dari 3 orang yang berstatus mahasiswa D1, D2, D3,D4 atau S1. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download pada website FES dan diserahkan hanya berupa soft copy via e-mail bersama business proposal yang akan diajukan pada tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 yang dikirimkan kepada: Panitia FES Moslempreneur 2011, unila.roisfe@gmail.com, (Perlu diperhatikan peserta bahwa softcopy file berupa PDF dan Word 2003). Membayar biaya pendaftaran tim sebesar Rp 50.000,00 dan menyertakan bukti transfer antar rekening bank berupa ( JPG ) / Scan Gambar dalam pengiriman proposal ide bisnis-nya paling lambat tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 Ke rekening : Bank Muamalat a.n Ade Kurnia Safitri No. Rek. 351 03204 22 Bank BNI Syariah Tanjung Karang a.n Rahmad A. Pratomo No. Rek. 0172900662 Setiap Peserta wajib menyerahkan : Foto 3×4 ( 1 lembar) ( JPG ) KTM ( JPG ) Proposal ide bisnis yang diperlombakan dap

Batik...From Indonesia

  S etelah sekian banyak budaya negara kita yang "dicuri " negara lain, akhirnya, dunia Internasional telah mengakui bahwa batik adalah warisan budaya asli Indonesia. Secara resmi, Jum'at 2 oktober 2009, Unesco mengukuhkan budaya batik ini sebagai budaya Indonesia. Pengukuhan batik ini, akan di laksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada pukul 20.00, dan bapak Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono akan mendeklarasikan peresmian ini pada pukul 21.00, Dengan di resmikannya batik sebagai budaya Indonesia, hal ini bisa memacu perkembangan kebudayaan di Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya batik ini ke mata dunia. Kita patut bangga dengan kekayaan negara kita. Negara kita sebenarnya penuh dengan keanekaragaman budaya yang unik. Namun karena kurangnya kita melestarikan budaya tersebut, dengan terpaksa budaya kita banyak yang di ambil dan diakui sebagai budaya negara lain. Sedih dong...masa sih ide kreatif yang diciptakan bangsa kita begitu aja diambil!! Dengan susa
Bismillah... Hati ibarat sebuah corong,ia bisa bersuara,,  kadang suaranya terenyuh perlahan,  kadang suaranya tegas dan kadang merasa sedih.. Ya,, itulah hati..  Semakin kau dekatkan pendengaranmu kepadanya akan kau dapati  semakin dalam kau mampu memahaminya.. Namun, kau tak akan dapat merasakannya hanya dengan telinga,  namun dengarkanlah ia dengan relungmu,,, Bukalah mata hatimu tuk melihat apa-apa yang diajarkannya.. Bukalah perasaanmu tuk merasakannya.. Berikan secercah sinar tuk menghidupkannya.. Yaitu dengan secercah sinar Iman dari Robb semesta Alam Karena Ia yang menghidupkan dan mematikan hatimu.. Hidupkanlah ia dengan senantiasa berzikir kepada Allah Biarkanlah,,Ia yang menggenggam semuanya Yang mengatur jiwa dan hatimu...