Skip to main content

Mau sukses,,Harus disiplin!!

Semakin kita memiliki amanah banyak dan kesibukan dimana-mana, semakin sulit kita mengatur waktu,, yup.. hal tersebut ternyata saya rasakan juga. Meski berupaya tidak ingin melakukan kesalahan yang sama, sangat sulit sekali jika kita tidak sungguh-sungguh terlepas dari penyakit ketidaksiplinan kita akibat rasa malas yang menjangkit di dalam diri kita. Bagaimana kita ingin lepas dari rasa malas kita, sedangkan diri kita membiarkan tenggelam ke dalam kemalasan yang kita pupuk terus menerus. Sesungguhnya kemalasan yang kita tanam akan mengakar sehingga menjamuri diri kita untuk tunduk terhadap hawa nafsu kita. naudzubillah mindzalik..

"... dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)...." (QS Al-Hasyr [59]: 18).

Dari Firman Allah SWT tersebut bisa kita perhatikan, betapa pentingnya kedisiplinan untuk menjalani kehidupan kita dan kita harus memerhatikan apa yang akan kita lakukan esok hari. Kedisiplinan menjadi obat mujarab penghancur rasa kemalasan dari dalam diri kita. Kedisiplinan tidak bisa dilakukan hanya sekali saja namun harus dijadikan KEBIASAAN. seperti pepatah menyatakan "bisa karena biasa" . Kita sebagai umat muslim pastilah seharusnya telah menjadi kebiasaan untuk disiplin dalam diri sendiri.
Nah..sekarang  Bagaimana cara  untuk menghilangkan rasa kemalasan kita ?Dan bagaimana cara memupuk sikap disiplin dalam diri kita.

1. Mulailah dengan niat kita yang kuat karena Allah SWT.

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap  perbuatan tergantung niatnya.  Dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.
Nah,,mari kita mulai dengan niat kita sungguh-sungguh menghilangkan rasa malas kita untuk menjadi disiplin karena Allah. Niat ini jangan hanya sekedar ucapan dalam hati saja, namun harus benar-benar diresapi, Tataplah diri kita dalam sebuah cermin dan katakan dengan sungguh-sungguh " SAYA AKAN BERUBAH UNTUK DISIPLIN,TIDAK MALAS LAGI KARENA ALLAH SWT!!" bisa juga kata-kata tersebut ditulis dengan huruf besar-besar di kertas dan ditempel didinding kamar kita agar kita selalu ingat kembali dengan niat kita, ketika kita lupa.

2. Paksakan diri kita untuk Bangun pagi.

Sebelum tidur pasang jam weker ataupun alarm handphone kita untuk bangun pagi, kalau perlu kita minta tolong teman kita untuk membangunkan kita sepertiga malam Dengan bangun sebelum subuh ini,kita mempunyai waktu untuk mengevaluasi diri kita dengan segala kemalasan yang kita miliki serta di waktu-waktu ini dapat kita pergunakan untuk shalat malam bermuhasabah dengan Pencipta kita Alah swt. Bangun pagi juga  akan me-refresh otak kita dengan udara segar serta akan memaksa diri kita tidak tidur kembali. Biasakan diri kita untuk keluar menghirup udara pagi serta berolahraga kecil sekedar senam pagi sangat baik untuk menggerakkan tubuh kita agar tidak bermalas-malasan. Setelah badan kita cukup digerakkan, mandi pagi sangat baik untuk membangkitkan semangat agar kita merasa segar dengan badan yang fresh untuk beraktivitas.
3. Membiasakan shalat fardu tepat dan di awal waktu
Tanpa kita sadari seorang muslim diwajibkan untuk shalat lima waktu dan tepat waktu menjadi salah satu pengajaran Allah swt kepada kita untuk disiplin. Shalat lima waktu ini menjadi rutinitas kita agar kita bisa menghlangkan rasa malas kita.Sebelum kita melaksanakan shalat kita pun di perintahkan untuk berwudhu, dengan air wudhu dapat menghilangkan rasa kantuk kita ketika kita tengah sibuk beraktivitas. Dengan shalat yang teratur, kedisiplinan ini pun akan semakin terbiasa kita lakukan untuk aktivitas lainnya yang kita lakukan.
4. Bikin Jadwal harianmu di kamar.
Jadwal memang sangat penting, apalagi bagi kita yang sangat padat dengan segala aktivitas segudang yang kita punya.Dengan memiliki jadwal harian yang terpampang di kamar kita akan mempermudah ketika kita bangun tidur, ataupun sebelum tidur kita mengetahui jadwal untuk esok hari sehingga kita terbiasa untuk men- setting kegiatan kita dengan teratur
5. Jangan lupa bawa selalu catatan kecil 

Begitu padat kegiatan kita seringkali membuat kebingungan dalam diri kita untuk menjalankan tugas yang kita miliki. Dengan adanya catatan kecil yang kita buat semisalnya buku notes, ataupun pengingat tugas di handphone bisa kita manfaatkan untuk menentukan tugas-tugas prioritas yang kita miliki. Kemalasan memang akan menimbulkan alasan kita entah itu lupa atau ketidaksengajaan, dengan terbiasa kita mencatat dalam catatan kecil kita akan mengurangi hal-hal tersebut, kita akan lebih teratur.

6. Jangan Menunda-nunda pekerjaan
Nah..inilah pekerjaan yang sering kita lakukan yaitu menunda. Sulit memang, ketika kita malas, kita cenderung sangat berat melakukan pekerjaan yang waktunya masih lama. kita lebih senang menjadi deadliner ketimbang planners.. Sekarang harus kita biasakan untuk menjadi orang yang merencanakan dengan teratur. jangan pernah menunda pekerjaan karena akan berakibat fatal, kegiatan kita kan kacau karena tugas banyak menumpuk, kita menjadi tidak siap, kurang persiapan, taupun hasil yang kita kerjakan kurang maksimal. Sebenarnya jika kita tidak suka menunda pekerjaan maka akan lebih menguntungkan bagi kita tidak terburu-buru waktu serta pekerjaan akan lebih maksimal.

Nah...sekarang, yang paling penting adalah LAKUKAN SEKARANG!!!
jangan menunggu lagi,sebelum kemalasan kita berubah menjadi pengendali diri kita sendiri,,,

SEMANGAT!!!

Comments

Popular posts from this blog

FES Moslempreneur 2011

Deadline: 10 April 2011 KETENTUAN: Satu tim harus terdiri dari 3 orang yang berstatus mahasiswa D1, D2, D3,D4 atau S1. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download pada website FES dan diserahkan hanya berupa soft copy via e-mail bersama business proposal yang akan diajukan pada tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 yang dikirimkan kepada: Panitia FES Moslempreneur 2011, unila.roisfe@gmail.com, (Perlu diperhatikan peserta bahwa softcopy file berupa PDF dan Word 2003). Membayar biaya pendaftaran tim sebesar Rp 50.000,00 dan menyertakan bukti transfer antar rekening bank berupa ( JPG ) / Scan Gambar dalam pengiriman proposal ide bisnis-nya paling lambat tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 Ke rekening : Bank Muamalat a.n Ade Kurnia Safitri No. Rek. 351 03204 22 Bank BNI Syariah Tanjung Karang a.n Rahmad A. Pratomo No. Rek. 0172900662 Setiap Peserta wajib menyerahkan : Foto 3×4 ( 1 lembar) ( JPG ) KTM ( JPG ) Proposal ide bisnis yang diperlombakan dap

Batik...From Indonesia

  S etelah sekian banyak budaya negara kita yang "dicuri " negara lain, akhirnya, dunia Internasional telah mengakui bahwa batik adalah warisan budaya asli Indonesia. Secara resmi, Jum'at 2 oktober 2009, Unesco mengukuhkan budaya batik ini sebagai budaya Indonesia. Pengukuhan batik ini, akan di laksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada pukul 20.00, dan bapak Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono akan mendeklarasikan peresmian ini pada pukul 21.00, Dengan di resmikannya batik sebagai budaya Indonesia, hal ini bisa memacu perkembangan kebudayaan di Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya batik ini ke mata dunia. Kita patut bangga dengan kekayaan negara kita. Negara kita sebenarnya penuh dengan keanekaragaman budaya yang unik. Namun karena kurangnya kita melestarikan budaya tersebut, dengan terpaksa budaya kita banyak yang di ambil dan diakui sebagai budaya negara lain. Sedih dong...masa sih ide kreatif yang diciptakan bangsa kita begitu aja diambil!! Dengan susa
Bismillah... Hati ibarat sebuah corong,ia bisa bersuara,,  kadang suaranya terenyuh perlahan,  kadang suaranya tegas dan kadang merasa sedih.. Ya,, itulah hati..  Semakin kau dekatkan pendengaranmu kepadanya akan kau dapati  semakin dalam kau mampu memahaminya.. Namun, kau tak akan dapat merasakannya hanya dengan telinga,  namun dengarkanlah ia dengan relungmu,,, Bukalah mata hatimu tuk melihat apa-apa yang diajarkannya.. Bukalah perasaanmu tuk merasakannya.. Berikan secercah sinar tuk menghidupkannya.. Yaitu dengan secercah sinar Iman dari Robb semesta Alam Karena Ia yang menghidupkan dan mematikan hatimu.. Hidupkanlah ia dengan senantiasa berzikir kepada Allah Biarkanlah,,Ia yang menggenggam semuanya Yang mengatur jiwa dan hatimu...