Skip to main content

Cantik itu........

Menjadi seorang yang idealis bukan berarti menjadi orang yang serba sempurna. Terkadang, kita sering menutup diri dan merasa minder dengan keadaan kita, kita sering membuat diri kita merasa tidak percaya diri untuk tampil apa adanya, banyak faktor yang membuat kita seperti itu, seperti fisik yang tidak sempurna, otak yang tidak pintar, atau kita merasa kita adalah orang yang apatis di lingkungan kita, serba pasif dan tidak berani menampilkan potensi kita karena keterbatasan yang kita miliki.
Hey..hey,..hey..sob, kita itu manusia, bukan dewa atau Tuhan. Kita mungkin memiliki keinginan ini itu yang menjadikan diri kita memiliki standar untuk sesuatu yang kita inginkan. Apalagi seorang wanita atau cewek yang susah banget dan gak bisa ngeliat sesuatu yang jelek terjadi pada dirinya, walhasil segala cara dilakukan demi kepuasan yang mereka anggap “perfect”.
Oh No.no..jangan sampai deh kita melakukan segala cara untuk “sekedar” membuat kita “perfect”, soalnya biasanya cewek tuh kalau udah ngelakuin apa yang diinginkannya pastilah dari hal-hal yang baik sampai yang membahayakan dirinya sendiri bisa dilakukan. Ga percaya???
Pernah ada lho faktanya, di berita seorang wanita demi membuat hidungya mancung atau wajahnya mirip artis, dia rela untuk melakukan  suntik silicon dan ternyata hasilnya tidak memuaskan, hidungnya bukan menjadi lebih mancung melainkan membesar dan turun gitu.. Wah betapa kecewanya mba-mba itu dan merasa dirugikan, ada pula mba-mba yang ingin kulit wajahnya putih kinclong, nah dia nyoba pakai pemutih gitu, walhasil bukan wajahnya menjadi putih namun menjadi merah-merah  melepuh karena zat kimia pemutih itu berbahaya..Naudzubillah min dzalik..
Nah, khususnya cewek emang merasa banget kalau fisik itu amat penting. Boleh sih mempercantik diri tapi kita juga harus memperhatikan bagaimana cara yang baik dan sehat agar tidak membuat kita merusak diri sendiri.
Oke..
Sebelum kita membahas bagaimana sih cara untuk mempercantik diri, sebaiknya kita harus tahu dulu cantik itu apa sih sebenarnya??
Menurut buku yang sudah saya baca, yang berjudul “Cantik Sepanjang Usia” ditulis oleh Astrie Ivo, di buku ini di jelaskan bahwa
Kecantikan adalah amanah
Kecantikan sejati terpancar dari jiwa
Kecantikan seseorang tidak tergantung pada kehalusan wajahnya
Tidak terletak pada pakaian yang dikenakan,
Bukan pada bentuk tubuhnya
Tetapi….pada matanya,
Cara ia memandang dunia,
Karena di matanyalah terletak gerbang
Menuju ke setiap hati manusia
Dimana cinta kasih dapat berkembang,bertumbuh dan
Berbuah manis....
(kata-kata orang bijak)

Kecantikan adalah amanah
Dari kalimat pertama yang tertulis “kecantikan adalah amanah” bila kita merenungkan kembali dan memperhatikan fisik kita di depan cermin, sesungguhnya ini semua adalah amanah dan menjadi tanggung jawab kita dari Sang pemilik fisik ini. Kita sebenarnya hanya sebuah ruh yang ditiupkan ke dalam jasad-jasad oleh Allah SWT, yang kemudian hidup di dunia sampai tenggat waktu yang ditetapkan-Nya dan suatu saat nanti  kita pun akan diminta-Nya kembali. Nah dengan fisik kita yang merupakan titipan-Nya sepatutnya kita jaga dan rawat baik-baik agar senantiasa fisik kita terjaga dengan baik. Sungguh kita haruslah mensyukuri atas pemberian fisik ini, kecantikan atau ketampanan itu pun akan menjadi ujian kita dalam menjaga amanah fisik ini.
Kecantikan sejati terpancar dari jiwa
Nah ini perlu kita tanam baik-baik dalam pikiran kita. Fisik boleh cantik, tapi kalau hati atau jiwa kita buruk maka kecantikan itu akan terasa kosong dan menjenuhkan. Percuma dong wajah kita cantik atau bibir kita seksi tapi kelakuan atau perkataan kita sering menyakitkan orang lain. Itulah mengapa kita harus menjaga mulut kita, ada pepatah mengatakan ”Mulutmu Harimaumu” itu maksudnya kita perlu pandai-pandai menjaga perkataan dan kelakuan kita agar senantiasa jiwa kita bersih sehingga kecantikan sejati akan terpancar indah.
Kecantikan tidak tergantung pada kehalusan wajahnya
Kita sering tertipu oleh iklan seperti iklan pembersih wajah.
”Miliki wajah halus cantikmu”
Kata-kata itu biasanya digunakan dalam iklan-iklan pembersih wajah, apakah dengan kehaluan wajah seseorang bisa dikatakan cantik??
Nah bagaimana nenek-nenek yang sudah tua dan keriput, wajahnya udah gak halus lagi kan??
Kasian dong, enggak bisa lagi dikatakan cantik..
Sebagai cewek mungkin bangga dengan wajah yang halus dan cantik, tapi girls...kecantikan itu lambat laun akan menjadi sirna dari kita, semakin usia kita bertambah, maka kecantikan itu perlahan-lahan akan hilang. Mengapa dalam kata-kata diatas yang menyatakan kecantikan tidak tergantung pada kehalusan wajahnya, namun pada matanya??
Dijelaskan bahwa mata sebagai gerbang ke hati. Nah, bagi sobat-sobat bisa menatap ke kaca dan melihat mata masing-masing, ada apa sih didalam mata??kok dikatakan sebagai gerbang hati??
Bersyukurlah kita yang memiliki sepasang mata yang dapat melihat. Bagi para tunanetra, keinginan melihat itu merupakan kerinduan sepanjang hidupnya. Untuk kita yang masih diberikan penglihatan yang sempurna patutlah mensyukurinya.
Mata sebagai gerbang hati memang benar, pada kenyataannya kita melihat orang dengan mata, dan kita dapat merasakan perasaan di hati kita karena kita melihat. Pernah mendengar kalimat seperti ini ”Dari mata turun ke hati”, nah begitulah mata, sebaik-baiknya kita pun harus menjaga gerbang hati. Salah-salah kalau kita tidak bisa menjaga mata ini, maka mata ini bisa menjadi dosa bagi kita. Untuk itu seorang cewek alangkah baiknya bila senantiasa menjaga pandangan kita terhadap bukan muhrimnya.
Dengan menjaga pandangan kita, mata ini akan terpancar kecantikan hati kita, menjaga mata kita dari pandangan yang mudharat dan dengan membiasakan melihat bacaan-bacaan Al-Qur’an adalah lebih baik, semakin sering kita melihat hal-hal yang baik serta mempergunakan sepasang mata ini untuk melihat hal-hal yang bermanfaat akan membuat mata kita menjadi indah bercahaya.
Itulah yang akan membuat kecantikan kita lebih terpancar, gak perlu pakai eye shadow atau polesan-polesan yang berlebihan.
Merawat Tubuh agar tetap Cantik
Setelah kita mengetahui makna kecantikan, sebagai cewek pastilah ingin merawat kecantikan itu kan??
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat kecantikan itu lho..
Dalam buku Astrie Ivo yang berjudul ”Cantik Sepanjang Usia ” ini, akan dibagikan beberapa tips astrie ivo dalam merawat kecantikannya.
Mau tau??
Simak baik-baik ya!!
-    Perbanyak Wudhu,
Mungkin, kita akan berpikir, untuk apa kita memperbanyak wudhu??ternyata dengan banyak berwudhu, air akan menyerap ke pori-pori kulit sehingga menjaga kulit kita agar tidak kering, dan dengan berwudhu ternyata saat membasuh wajah, selain membersihkan dari kotoran yang menempel pada wajah, kita juga akan sekaligus menekan titik-titik akupuntur diwajah sehingga melancarkan peredaran darah. Saat membasuh tangan, tanpa disadari kita melakukan pijat refleksi sendiri pada jemari kita. Saat membasuh telinga kita pun secara langsung memijat titik-titik keseimbangan tubuh. Ini akan membuat metabolisme tubuh kita menjadi benar.Membasuh kepala juga akan membuat daya ingat kita terbuka (hayoo..siapa yang sering lupa??ini  cocok untuk dipraktikan .
Nah ternyata, disamping itu pula dengan berwudhu kita pun sembari berdoa kepada Yang Mahakuasa, kita diajarkan doa selesai berwudhu kan?? Kalau kita tahu, arti dari doa selesai wudhu sangat dalam maknanya, Astrie Ivo ini mempraktikan untuk selalu membaca doa ini setelah selesai berwudhu. Arti doa tersebut adalah :
”Aku bersaksi Tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah..jadikanlah aku orang yang ahli taubat,jadikanlah aku orang yang suka bersuci, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang sholeh.”.
Dengan sering kita berwudhu akan mengeluarkan aura kecantikan kita dan selalu menjaga kebersihan kulit kita.
-    Mengatur pola makan
Sebelum kita mengatur pola makanan, sebaiknya kita perlu memerhatikan makanan yang akan kita konsumsi, harus dilihat label halal atau tidak dan bagaimana makanan itu sehat atau tidak. Selain itu, yang harus kita perhatikan adalah kita harus memperbanyak minum air putih, karena dengan air putih akan melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Asupan gizi serta vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, maka akan terpancar kecantikan kita. Ada beberapa tips diet ala Astrie Ivo, yaitu:
a.Minum aneka jus di pagi hari (batas waktu hingga pukul sebelas siang)
b.Makan makanan berat ( nasi lengkap dengan lauk dan sayur) dari pukul 12,00-20.00
c.makan perlahan-lahan dan dinikmati serta tidak berlebihan
d.banyak minum air putih minimal dua liter sehari
e. Seminggu dua kali diselingi puasa sunah, hal ini dapat merehatkan alat pencernaan tubuh kita yang selalu bekerja keras mencerna makanan dalam tubuh.
-    Berolahraga
Salah satu untuk menjaga agar tubuh kita tetap cantik adalah dengan berolahraga. Kebugaran akan menampilkan kesehatan tubuh kita agar senantiasa cantik. Banyak jenis olahraga yang dapat kita lakukan. Membiasakan berolahraga secara rutin sangat baik untuk kesehatan kita, selain dapat membuat kita sehat, dengan berolahraga dapat menyegarkan pikiran kita.
-    Tidur yang cukup
Insomia sering menyerang banyak orang, hal ini yang membuat kinerja tubuh cenderung cepat lelah dan tak bersemangat dalam melakukan aktifitas sehingga timbul stress dan penyakit kesehatan. Untuk itu  agar senantiasa tubuh sehat dan cantik, kita perlu membiasakan tidur cukup agar tubuh kita siap melakukan aktifitas keesokan harinya. Ada tips bagaimana Astrie Ivo membiasakan tidur yang cukup dan nyenyak:
a.    Berhenti makan dua jam sebelum tidur
b.    Berwudhu dan membersihkan diri dari kotoran hati
c.    Banyak berzikir menjelang tidur,membaca istighfar, membaca surah al-fatihah serta doa tidur
Dari beberapa cara untuk merawat kecantikan tubuh kita, kita pun harus memperhatikan asupan untuk otak kita, jangan lupa untuk senantiasa membaca Al-Qur’an serta buku-buku bermanfaat  untuk mengisi kekosongan pikiran kita, Juga kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah atas segala nikmat, Cintailah diri kita, dengan begitu kita akan menciptakan rasa syukur serta timbulkanlah kebahagiaan dengan orang-orang disekitar kita. Dengan kebahagiaan yang dirasakan orang lain akan membuat kita peduli dengan lingkungan dan lebih memperhatikan keadaan sosial. Dengan hal tersebut, tak hanya kecantikan fisik yang kita dapatkan, melainkan kita akan memperoleh kecantikan batin,jiwa serta pikiran kita sekaligus.
Sekarang, kita bisa praktikan tips-tips tersebut untuk kehidupan kita sehari-hari. Selamat mencoba!

Sumber: Buku ”Cantik Sepanjang  Usia” (astrie Ivo) dengan sedikit perubahan

Comments

  1. cantik itu tidak sempurna

    ReplyDelete
  2. sepakat...kecantikan itu bukanlah sesuatu yang sempurna. Alloh lah yang memiliki kesempurnaan itu.
    terimakasih atas kunjungannya :-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

FES Moslempreneur 2011

Deadline: 10 April 2011 KETENTUAN: Satu tim harus terdiri dari 3 orang yang berstatus mahasiswa D1, D2, D3,D4 atau S1. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download pada website FES dan diserahkan hanya berupa soft copy via e-mail bersama business proposal yang akan diajukan pada tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 yang dikirimkan kepada: Panitia FES Moslempreneur 2011, unila.roisfe@gmail.com, (Perlu diperhatikan peserta bahwa softcopy file berupa PDF dan Word 2003). Membayar biaya pendaftaran tim sebesar Rp 50.000,00 dan menyertakan bukti transfer antar rekening bank berupa ( JPG ) / Scan Gambar dalam pengiriman proposal ide bisnis-nya paling lambat tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 Ke rekening : Bank Muamalat a.n Ade Kurnia Safitri No. Rek. 351 03204 22 Bank BNI Syariah Tanjung Karang a.n Rahmad A. Pratomo No. Rek. 0172900662 Setiap Peserta wajib menyerahkan : Foto 3×4 ( 1 lembar) ( JPG ) KTM ( JPG ) Proposal ide bisnis yang diperlombakan dap

Batik...From Indonesia

  S etelah sekian banyak budaya negara kita yang "dicuri " negara lain, akhirnya, dunia Internasional telah mengakui bahwa batik adalah warisan budaya asli Indonesia. Secara resmi, Jum'at 2 oktober 2009, Unesco mengukuhkan budaya batik ini sebagai budaya Indonesia. Pengukuhan batik ini, akan di laksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada pukul 20.00, dan bapak Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono akan mendeklarasikan peresmian ini pada pukul 21.00, Dengan di resmikannya batik sebagai budaya Indonesia, hal ini bisa memacu perkembangan kebudayaan di Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya batik ini ke mata dunia. Kita patut bangga dengan kekayaan negara kita. Negara kita sebenarnya penuh dengan keanekaragaman budaya yang unik. Namun karena kurangnya kita melestarikan budaya tersebut, dengan terpaksa budaya kita banyak yang di ambil dan diakui sebagai budaya negara lain. Sedih dong...masa sih ide kreatif yang diciptakan bangsa kita begitu aja diambil!! Dengan susa
Bismillah... Hati ibarat sebuah corong,ia bisa bersuara,,  kadang suaranya terenyuh perlahan,  kadang suaranya tegas dan kadang merasa sedih.. Ya,, itulah hati..  Semakin kau dekatkan pendengaranmu kepadanya akan kau dapati  semakin dalam kau mampu memahaminya.. Namun, kau tak akan dapat merasakannya hanya dengan telinga,  namun dengarkanlah ia dengan relungmu,,, Bukalah mata hatimu tuk melihat apa-apa yang diajarkannya.. Bukalah perasaanmu tuk merasakannya.. Berikan secercah sinar tuk menghidupkannya.. Yaitu dengan secercah sinar Iman dari Robb semesta Alam Karena Ia yang menghidupkan dan mematikan hatimu.. Hidupkanlah ia dengan senantiasa berzikir kepada Allah Biarkanlah,,Ia yang menggenggam semuanya Yang mengatur jiwa dan hatimu...