Skip to main content

Tipe Kampus idamanmu apa???

Wah..kalau ditanya kampus idaman, kita sering bingung dihadapkan berbagai macam tipe universitas di Indonesia. Mulai dari universitasnya, fakultas, maupun jurusannya. Memang bukan hal yang aneh, banyak universitas di Indonesia menjadi sasaran khususnya siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi. Berbagai macam usaha yang di tempuh oleh mereka agar dapat masuk ke universitas yang mereka tuju, mulai dari mengikuti ujian-ujian mandiri, sampai mengikuti ujian bersama serentak seperti SNMPTN. Namun, apa yang menjadi patokan atau penilaian mereka dalam memilih universitas yang mereka tuju itu??
Hal ini serupa dengan apa yang saya rasakan dulu. Setelah lulus SMA, saya berniat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, kebingungan yang saya alami itu memang sangat beralasan, dimana dengan memutuskan untuk memilih universitas yang saya tuju itu adalah sebuah keputusan untuk cita-cita saya di masa depan. Jika saya salah memilih mungkin hal itu akan menjadi sebuah penyesalan dan berdampak tidak baik untuk diri saya.
Memang banyak universitas yang baik di Indonesia, tak hanya universitas negri, selain itu banyak universitas swasta yang sangat berkompeten,namun alangkah senangnya bila kita dapat menjadi salah satu mahasiswa di universitas yang menjadi idaman. Nah...bagaimana sih kita menilai universitas yang menjadi idaman kita??
Universitas idaman bisa kita lihat dari :
1. Reputasi universitas yang baik
Ciri-ciri universitas yang menjadi idaman, yaitu salah satunya berdasarkan reputasi universitas tersebut, yang mana, semakin universitas itu memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat, maka semakin tinggi jumlah peminat yang memilih universitas tersebut.
2.Berprestasi baik akademik maupun non akademik
Sebuah universitas idaman, haruslah memiliki prestasi akademik yang baik, masyarakat akan menilai sejauh mana prestasi yang telah dicapai oleh universitas yang menjadi tujuan. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya keluaran mahasiswa yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja. Tak hanya akademik, prestasi yang dapat dilihat yaitu secara non akademik, dimana para alumni yang lulus dari universitas itu tak hanya berkompeten di bidang akademik selain itu juga memiliki softskill secara non akademik.
3. Fasilitas memadai
Fasilitas merupakan hal yang penting yang harus di penuhi universitas demi menunjang proses perkuliahan. Universitas yang menjadi idaman biasanya dilihat dari seberapa baiknya fasilitas yang tersedia, apakah memadai atau tidak? Fasilitas yang baik akan membuat kenyamanan dari mahasiswanya, mulai dari ketersediaannya fasilitas ruang kuliah, perpustakaan, kantin, dan sebagainya.
4. Kemudahan dalam biaya pendidikan
Seringkali, banyak calon-calon mahasiswa yang sangat berprestasi, namun ketidakadanya biaya membuat mereka mengurungkan diri untuk kuliah. dari segi biaya, Universitas idaman biasanya banyak membuka peluang beasiswa  untuk memudahkan para calon mahasiswa yang kurang mampu. 
5. Peluang kerja besar
Umumnya para calon mahasiswa yang memilih perguruan tinggi sangat memperhatikan bagaimana lulusan universitas tersebut banyak berpeluang di dunia kerja. Biasanya, para lulusan yang sukses menjadi sorotan masyarakat yang melihat asal universitas dari alumninya.
6. Lingkungan sosial yang baik
Dalam memilih universitas idaman, lingkungan tak kalah penting demi berjalannya perkuliahan dengan baik. Pasalnya, universitas yang menjadi idaman, haruslah memiliki lingkungan yang baik. Dengan lingkungan yang baik akan menciptakan lulusan yang baik pula, Banyak kasus dimana mahasiswa yang memiliki pergaulan yang salah akibat lingkungan kampus yang jelek, hal itu dapat merusak citra universitas tersebut.
Demikian ciri-ciri universitas yang menjadi parameter idaman bagi masyarakat. Tinggal bagaimana kita pintar-pintar memilih dan menjalaninya dengan baik. semoga bermanfaat!!

Comments

Popular posts from this blog

FES Moslempreneur 2011

Deadline: 10 April 2011 KETENTUAN: Satu tim harus terdiri dari 3 orang yang berstatus mahasiswa D1, D2, D3,D4 atau S1. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download pada website FES dan diserahkan hanya berupa soft copy via e-mail bersama business proposal yang akan diajukan pada tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 yang dikirimkan kepada: Panitia FES Moslempreneur 2011, unila.roisfe@gmail.com, (Perlu diperhatikan peserta bahwa softcopy file berupa PDF dan Word 2003). Membayar biaya pendaftaran tim sebesar Rp 50.000,00 dan menyertakan bukti transfer antar rekening bank berupa ( JPG ) / Scan Gambar dalam pengiriman proposal ide bisnis-nya paling lambat tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 Ke rekening : Bank Muamalat a.n Ade Kurnia Safitri No. Rek. 351 03204 22 Bank BNI Syariah Tanjung Karang a.n Rahmad A. Pratomo No. Rek. 0172900662 Setiap Peserta wajib menyerahkan : Foto 3×4 ( 1 lembar) ( JPG ) KTM ( JPG ) Proposal ide bisnis yang diperlombakan dap

Batik...From Indonesia

  S etelah sekian banyak budaya negara kita yang "dicuri " negara lain, akhirnya, dunia Internasional telah mengakui bahwa batik adalah warisan budaya asli Indonesia. Secara resmi, Jum'at 2 oktober 2009, Unesco mengukuhkan budaya batik ini sebagai budaya Indonesia. Pengukuhan batik ini, akan di laksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada pukul 20.00, dan bapak Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono akan mendeklarasikan peresmian ini pada pukul 21.00, Dengan di resmikannya batik sebagai budaya Indonesia, hal ini bisa memacu perkembangan kebudayaan di Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya batik ini ke mata dunia. Kita patut bangga dengan kekayaan negara kita. Negara kita sebenarnya penuh dengan keanekaragaman budaya yang unik. Namun karena kurangnya kita melestarikan budaya tersebut, dengan terpaksa budaya kita banyak yang di ambil dan diakui sebagai budaya negara lain. Sedih dong...masa sih ide kreatif yang diciptakan bangsa kita begitu aja diambil!! Dengan susa
Bismillah... Hati ibarat sebuah corong,ia bisa bersuara,,  kadang suaranya terenyuh perlahan,  kadang suaranya tegas dan kadang merasa sedih.. Ya,, itulah hati..  Semakin kau dekatkan pendengaranmu kepadanya akan kau dapati  semakin dalam kau mampu memahaminya.. Namun, kau tak akan dapat merasakannya hanya dengan telinga,  namun dengarkanlah ia dengan relungmu,,, Bukalah mata hatimu tuk melihat apa-apa yang diajarkannya.. Bukalah perasaanmu tuk merasakannya.. Berikan secercah sinar tuk menghidupkannya.. Yaitu dengan secercah sinar Iman dari Robb semesta Alam Karena Ia yang menghidupkan dan mematikan hatimu.. Hidupkanlah ia dengan senantiasa berzikir kepada Allah Biarkanlah,,Ia yang menggenggam semuanya Yang mengatur jiwa dan hatimu...