Skip to main content

Cerbung (Cerita Bersambung..) 1

" Ressa...ini ada surat di rak buku, punyamu ya??"tanyaku
"Enggak salah lagi,itu surat punyaku",ucapnya dari dalam kamar begitu mengagetkanku yang tengah membaca sepucuk surat yang ku temukan dalam rak buku di ruang tamu.
Aku pun segera menghampirinya yang berada di dalam kamar.
"Jadi...selama ini kau menyembunyikan hal itu kepadaku??"tanyaku sambil menatap lekat matanya.
Ia hanya diam membisu melihatku,kemudian ia beranjak dari duduknya dan menatap keluar jendela kamar. 
Beberapa saat ku ikut terdiam melihat tingkahnya.
"Mengapa kau tak menceritakan hal ini sebelumnya kepadaku??tanyaku kembali
Ia tetap diam tanpa menoleh kepadaku.
Tak lama kemudian, ia mulai angkat bicara.
"Bukan seperti itu maksudku..aku tak bermaksud menutupinya dari dirimu kak,aku tak ingin kau terlalu sibuk memikirkannya, cukup aku saja dan aku ingin mandiri serta tak ingin menyusahkan banyak orang lagi"jawabnya seraya memberikan penjelasan kepadaku.
"Tapi...bukankah aku ini adalah kakak kandungmu sendiri, mengapa kau menyembunyikan hal tersebut padaku??"tanyaku tak mengerti atas sikap adikku.
"Kak...dengarkan aku!!!aku telah dewasa, dan aku tahu hal ini sulit diterima atas ketidakterbukaanku padamu, tapi..sekali lagi aku ingin mandiri kak!!"ucapnya meyakinkanku.
" Lima bulan lalu,Pak Hamdi guruku,memberikan informasi seputar beasiswa. Ia memberikanku kesempatan untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa program beasiswa ke Jepang. Setelah itu aku memberanikan diri untuk mengikutinya tanpa sepengetahuan kakak."ucapnya menjelaskan kepadaku
"Baiklah...jika itu memang keputusanmu, aku hanya bisa memberikanmu dukungan, namun jangan lupakan aku sebagai kakakmu, jika kau menemui kesulitan, ceritakanlah kepadaku.."jawabku pasrah,
"Terima kasih kak...aku berjanji aku tak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, aku akan bersungguh-sungguh.."ucapnya tegas sembari tersenyum mendengar jawabanku.
Aku pun kembali ke ruang tamu sembari melanjutkan membaca surat panggilan dari kedutaan Jepang tersebut.
Ressa, adikku yang kini genap berusia 18 tahun, setelah lulus dari SMA ia memang memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Dengan kondisi keluargaku yang serba sulit, dalam pikiran kami mustahil untuk menjadi orang berpendidikan tinggi, toh makan pun kami sulit apalagi untuk masuk ke dunia perkuliahan, rasanya hanya bermimpi.
Masih berkutat dengan pikiranku, mengapa adikku begitu cepat untuk mengambil keputusan itu.
Ahh..Jepang..negri matahari itu memang menjadi idaman setiap orang untuk dapat pergi kesana, begitu pula adikku yang telah memutuskan untuk mengembara ke negri itu. Meski sedikit informasi yang ku dapat tentang negri itu , namun ku sangat tahu negri matahari itu telah menjadi impian adikku sejak dia SD dulu.Tak habis pikir, keputusannya untuk melanjutkan kuliah ke negri jepang itu sangat menguatkan tekadnya untuk meninggalkan tanah air. Mengingat saat ia kelas empat SD dulu dan saat itu aku kelas dua SMP, Aku tengah asyik mengerjakan tugas sejarah, adikku menghampiri sembari melihat pekerjaan yang ku lakukan. Ia meraih buku sejarahku dan melihat tentang negri Jepang. Ia pun bertanya dengan polosnya kepadaku tentang Jepang.
"Kak, Jepang itu jauh ya??Dalam buku tersebut diceritakan bagaimana negri Jepang pernah menjajah negara Indonesia selama 3,5 tahun.
Orang-orang yang memiliki mata sipit dan berkulit kuning itu membuat negri kita saat itu terjajah dan sengsara. Namun orang-orang Jepang yang terkenal memiliki sifat Bushido dan bekerja keras membuat negaranya maju seperti saat ini. Sedikit ku menceritakan hal tersebut kepadaknya, tampak tatapan matanya yang fokus mendengar ceritaku tentang jepang,terlihat binar matanya seperti memiliki sebuah harapan besar.
tiba-tiba setelah ku menceritakan Jepang padanya, Ia berkata
"Kak..aku mau ke Jepang"jawabnya singkat.
Itulah pertama kalinya ku mendengar keinginannya ke negri Matahari terbit, Tak terasa kini adikku yang tengah beranjak dewasa, ucapannya yang ku anggap angin lalu, kini benar-benar terwujud. Tekadnya yang kuat menjadikannya serius untuk benar-benar melanjutkan kuliah ke negri sakura, begitulah orang-orang manyebutnya.
Ayah dan Ibu kami yang telah tiada membuatku memutuskan untuk bekerja  setelah lulus SMA untuk menghidupi kebutuhan aku dan adikku.
Keputusan yang adikku ambil menjadi sebuah dilema bagiku, bagaimana bila adikku pergi meninggalkanku dan bagaimana kehidupan adikku di sana nanti.
Sebenarnya aku kurang setuju untuk mengizinkannya pergi, namun keegoisanku tidak boleh menjadi penghambat kemajuannya,mungkin inilah jalan yang diberikan Allah kepada adikku untuk maju.
bersambung....

Comments

Popular posts from this blog

FES Moslempreneur 2011

Deadline: 10 April 2011 KETENTUAN: Satu tim harus terdiri dari 3 orang yang berstatus mahasiswa D1, D2, D3,D4 atau S1. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download pada website FES dan diserahkan hanya berupa soft copy via e-mail bersama business proposal yang akan diajukan pada tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 yang dikirimkan kepada: Panitia FES Moslempreneur 2011, unila.roisfe@gmail.com, (Perlu diperhatikan peserta bahwa softcopy file berupa PDF dan Word 2003). Membayar biaya pendaftaran tim sebesar Rp 50.000,00 dan menyertakan bukti transfer antar rekening bank berupa ( JPG ) / Scan Gambar dalam pengiriman proposal ide bisnis-nya paling lambat tanggal 10 Maret 2011 – 10 April 2011 Ke rekening : Bank Muamalat a.n Ade Kurnia Safitri No. Rek. 351 03204 22 Bank BNI Syariah Tanjung Karang a.n Rahmad A. Pratomo No. Rek. 0172900662 Setiap Peserta wajib menyerahkan : Foto 3×4 ( 1 lembar) ( JPG ) KTM ( JPG ) Proposal ide bisnis yang diperlombakan dap

Batik...From Indonesia

  S etelah sekian banyak budaya negara kita yang "dicuri " negara lain, akhirnya, dunia Internasional telah mengakui bahwa batik adalah warisan budaya asli Indonesia. Secara resmi, Jum'at 2 oktober 2009, Unesco mengukuhkan budaya batik ini sebagai budaya Indonesia. Pengukuhan batik ini, akan di laksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada pukul 20.00, dan bapak Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono akan mendeklarasikan peresmian ini pada pukul 21.00, Dengan di resmikannya batik sebagai budaya Indonesia, hal ini bisa memacu perkembangan kebudayaan di Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya batik ini ke mata dunia. Kita patut bangga dengan kekayaan negara kita. Negara kita sebenarnya penuh dengan keanekaragaman budaya yang unik. Namun karena kurangnya kita melestarikan budaya tersebut, dengan terpaksa budaya kita banyak yang di ambil dan diakui sebagai budaya negara lain. Sedih dong...masa sih ide kreatif yang diciptakan bangsa kita begitu aja diambil!! Dengan susa
Bismillah... Hati ibarat sebuah corong,ia bisa bersuara,,  kadang suaranya terenyuh perlahan,  kadang suaranya tegas dan kadang merasa sedih.. Ya,, itulah hati..  Semakin kau dekatkan pendengaranmu kepadanya akan kau dapati  semakin dalam kau mampu memahaminya.. Namun, kau tak akan dapat merasakannya hanya dengan telinga,  namun dengarkanlah ia dengan relungmu,,, Bukalah mata hatimu tuk melihat apa-apa yang diajarkannya.. Bukalah perasaanmu tuk merasakannya.. Berikan secercah sinar tuk menghidupkannya.. Yaitu dengan secercah sinar Iman dari Robb semesta Alam Karena Ia yang menghidupkan dan mematikan hatimu.. Hidupkanlah ia dengan senantiasa berzikir kepada Allah Biarkanlah,,Ia yang menggenggam semuanya Yang mengatur jiwa dan hatimu...